links





Bagaimana mengubah blog WordPress menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai

11.07.2008

Informasi Perawatan Ibu yang baru melahirkan

Ok lanjutan artikel terakhir yang tersisip oleh info alfa protein. Nah setelah menjadi orangtua baru atau menjadi orangtua lama (duh belibet maksudnya yang udah jadi ortu dan melahirkan lagi) setelah dirawat di RS atau di tempat persalinan, saatnya pulang ke rumah. Tubuh sang ibu masih lemah dan saat para ayah menjadi DD (Dyno Dad, hehe teringat film fairly odd parents nya nickelodeon, aku pake istilah Dyno Dad, bukan super dad). Mengertilah kaum Ayah, tubuh Ibu yang baru melahirkan sangatlah lemah. Butuh perawatan dan istirahat. Baik kita bahas menggunakan jamu dan larutan untuk daerah perut sang ibu.


Dianjurkan untuk sang ibu agar tetap diam di tempat tidur. Jangan jalan-jalan. Kalo perlu apa-apa, bilang sama sang suami. Atau jika suami bekerja, dianjurkan untuk ditemani oleh kerabat atau siapa saja yang dapat dipercaya. Lupakan urusan pekerjaan rumah. Merawat diri ibu baru melahirkan sejak dini adalah bener2 penting dan dampaknya dapat dilihat di hari tua (sumber nenek-ku tercinta). Menurut nenekku, setelah melahirkan kita tidak boleh jalan-jalan, melakukan aktivitas berlebih dan harus diam di tempat tidur. Ini kata nenek :
  1. Diam dan istirahat di tempat tidur. Jika perlu apapun bilang pada orang lain di sekitar yang kebagian tugas jaga. Lebih bagus kalo dijagain sampe 40 hari.
  2. Kaki selonjoran aja, jangan duduk dengan kaki ke arah bawah. Maksudnya kan betisnya ketarik sama gravitasi kali ya. Nah katanya menghindari betis parises. Buktinya nenekku kakinya bebas parises. (tolong dicari info sebenernya ya. Ini kan kata nenek tapi teruji kebenarannya)
  3. Minum Jamu bersalin. Biasanya banyak jamu-jamu yang dapat dibeli di apotek atau toko obat dan kesehatan lainnya. Dan beli jamu pun harus pilih2, karena menurut dokter kandungan ku, jamu jaman sekarang formulanya keras dan bukannya bahan alami, tetapi udah dicampur-campur sama bahan kimia. Ih mengerikan. Alangkah baik kalo jamu pun dapat kita racik sendiri.
  4. Box jamu. Didalam jamu merk NY.M ini terdapat pil untuk diminum selama 40 hari. Jamu untuk membalur perut, param dan tapel untuk kepala.
  5. Buat ramuan atau jamu untuk membalur perut (bahasa sundanya tapel ato apa gitu ya. Kita gunakan istilah tapel dulu aja ya, saya lupa namanya. Ntar saya Tanya nenek lagi). Ini untuk perawatan perut. Yang modern juga ada, biasanya di dalam box jamu untuk setelah melahirkan udah include juga jamu tersebut. Bentuknya bulat atau kotak warna hijau tahi kuda. Jamunya tinggal direndam air panas, kemudian hancurkan dan jangan terlalu encer supaya bisa nempel di perut. Tambahkan air jeruk lemon. Lakukan ini setiap pagi dan sore setelah mandi. Selama hingga jamunya habis.
  6. Siapkan daun sirih yang telah direndam sebentar sampai agak layu sebanyak 10 lembar. Oleskan tapel (lihat nomor 4) di seluruh perut seluas mungkin. Habiskan larutan tapel tadi. Setelah itu tempelkan daun sirih diatasnya secara merata.
  7. Tutup area perut yang telah dioles tapel dengan kain. Setelah area tersebut tertutup, ikat dengan gurita ibu/stagen hingga kencang. Atau jika tahu dengan istilah “bebengkung”, sebaiknya gunakan bebengkung. Nanti kita bahas cara membuat dan menggunakan bebengkung. Ribet memang, tapi namanya juga perawatan tradisional.
  8. Nah selanjutnya di dalam box jamu juga terdapat param. Dengan cara sama, larutkan param dengan air hangat. Kali ini tanpa jeruk lemon. Hanya param. Setelah hancur, lunakkan dan oleskan ke seluruh tubuh, yaitu tangan, betis, paha (seluruh kaki), jika cukup oleskan di punggung.
  9. Tapel kepala (saya lupa namanya). Larutkan dengan cara sama, oleskan ke kening, dahi hingga pelipis.
  10. Ibu yang telah melahirkan, jangan tidur siang berlebihan dan jika tidak kuat menahan kantuk di siang hari, tidur hanya dalam posisi duduk. Jangan terlentang. Jujur saya tidak tahu alasan medisnya, katanya kalo terlentang darah kita naek ke kepala ato gimana gitu dan dapat menyebabkan kebutaan. Secara logika saya, kok kalo tidur siang ga boleh terlentang tapi kalo malam boleh? Bukankah sama? Nah ternyata teman saudara saya melalaikan aturan tersebut, dan dia nyaris buta. Sungguh tolong kepada teman2 apa alasan medisnya? Tapi yang pasti setelah melihat teman saudara saya, setelah melahirkan jangan tidur siang terlentang. Titik.
  11. Perbanyak makan sayur dan buah serta makanan bergizi, demi asi yang berkualitas
  12. Minum susu ibu menyusui
  13. Untuk menjaga si kecil, berbagi tugas jaga malam dengan suami. Supaya ga begadang sepenuhnya.

Larutan tapel tradisional ala nenek (jika tapel di box jamu habis):
Bahan :
  • apu (apa ya bahasa indonesianya???? Bingung deh),
  • jeruk lemon dibelah dua,
  • minyak hangat,
caranya :
  • peras jeruk lemon, ambil airnya,
  • larutkan air jeruk lemon dengan apu dan minyak hangat
  • masukkan seluruh kulit jeruk lemon, jangan dibuang
  • aduk hingga rata
  • oleskan (lihat nomer 5 dan 6)
Oke segini dulu, semoga bermanfaat.


Cewek Cantik mengatakan...

wah kebetulan saya masih hamil muda neh 1bln, ksh tips2nya donk...
tolong ya tanyakan sama nenek.. :)

Anonim mengatakan...

@cewek cantik, wah selamat ya mbak. tipsnya bisa dicari di label kehamilan. Insya Allah kalo ada waktu saya perbanyak nulis tentang kehamilan trimester pertama yang memang sangat penting untuk masa depan buah hati kita.

artis indonesia mengatakan...

kasian ya kalau seorang ibu habis melahirkan.
aq masi aja nakal sama ibu aq sekarang aq ngerti gimana orang yang melahirkan
makasi tante atas infonya kalau aq punya istri nanti aq akan rawat sebaik mungkin

 
© free template by Blogspot tutorial