links


10.17.2008

Kehamilan Trimester 2


Trimester kedua
Menurut agama dan kepercayaan, saat kandungan berusia 4 bulan, janin mulai diberikan ruh. Makanya suka ada tradisi sukuran 4 bulanan. Yang tujuannya sih mendoakan si janin agar diberikan ruh yang soleh dll. Aku juga melaksanakan tradisi 4bulanan. Saat 4 bulan ini terasa getar2 di perut, katanya saat itulah janin telah bernyawa. Rasanya seneng saat dia bergerak. Apalagi seterusnya setiap subuh tiba, janinku ga bisa diem. Dia bangun dan bermaksud membangunkan ibunya supaya ge ketinggalan solat subuh, hehe3.

Aktivitas sedikit demi sedikit bisa berjalan lancar asal jangan terlalu capek.



Dan Alhamdulillah pada masa-masa usia 5 bulanan, aku mendapatkan kesempatan kembali, kali ini beasiswa kuliah akta mengajar dari yayasan dharmaloka milik pemerintah daerah. Untungnya Cuma 2 semester lamanya. Sambil hamil aku kuliah kembali, setelah lulus kuliah S1, 1 tahun 3 bulan yang lalu. Yah lumayan biar ada penyegaran untuk otak. Tapi sayang, aku paling ga tahan sama ilmu2 bersifat social ini. Aku merindukan persamaan2 dan solusi, aku merindukan bau hangus saat mensolder, aku kangen saat membuat ledakan di lab. Yang bikin satu ruangan jadi panik hehehe… tapi gapapa, dengan berbadan dua yang bawaannya males2an, harus kulawan semua rasa malas. Pokonya hamil unequal malas.

Susu untuk ibu hamil
Di trimester kedua, aku mulai ganti susu menyusui yang tadinya prenagen emesis, jadi prenagen biasa. Karena mual-mualku udah ilang. Tapi kadang aku suka mual kalo nyium bau nasi.
Sebaiknya ibu hamil perlu banget minum susu, supaya zat yang kurang kita penuhi dari makanan yang kita makan, akan terpenuhi dari susu.

Perawatan payudara
Aku mulai baca buku tentang asi. Dari situlah aku bertekad untuk member asi ekslusif untuk bayiku nanti. Alhamdulillah, sampai sekarang aku masih memberikan asi ekslusif.

Sekitar usia kandungan 5-6 bulan, dimulailah perawatan payudara. Menurut literature yang aku baca, perawatan payudara sangat berperan untuk program asi ekslusif nanti. Perawatan yang aku lakukan yaitu:
  • Pemijatan
Biasanya setelah mandi. Peralatan yang diperlukan, handuk, 1 wadah air hangat, 1 wadah air dingin, minyak seperti minyak kelapa, vco atau baby oil.
Caranya : bersihkan payudara dengan air hangat, lalu pijat menggunakan minyak.
Cara pijatnya: Payudara diurut searah jarum jam, lalu berbalik arah. Kemudian urut dari pangkal menuju puting, namun puting jangan dipijat.
Selanjutnya bersihkan putting dengan kapas yang diolesi minyak. Kata ibuku, untuk membersihkan kotoran yang menutupi putting agar nantinya jalur keluar asi menjadi lancar. Juga supaya lentur.
Nah setelah itu bersihkan dengan handuk air hangat. Kemudian keringkan, kalau bisa setelah itu olesi krim/pelembab anti stretch mark.
  • Memakai bra yang pas
Jangan yang longgar/sempit. Harus pas dan nyaman. Paling enak yang dari bahan katun, supaya ga gerah.

Tentang ASI
Sebaiknya banyak baca tentang asi. Suatu hari aku ga sengaja nonton acara di metro tv, kalo ga salah back to beck deh. Disana mendatangkan duta asi, sophie navita dan juga dokter utami ya kalo ga salah. Aku juga sebelumnya udah banyak baca literature tentang asi, dan ditambah nonton acara tersebut. Kita semua tau lah ya pentingnya asi. Nah disana juga membahas bahwa suksesnya pemberian asi itu bukan dari ibunya aja, tapi dukungan dari semua pihak. Termasuk sang ayahnya juga.

Breastfeeding father
Nah setelah nonton acara itu, aku cerita banyak sama suamiku. Betapa penting peran sang ayah. Untuk mensukseskan program asi ekslusif, harus terjadi kerjasama antara ayah, ibu dan bayi. Breastfeeding father yaitu ayah membantu ibu agar bisa menyusui dengan nyaman, sehingga asi yang dihasilkan maksimal.

Makanan
Trimester ke 2 saat dimana janin mengalami pertumbuhan terbesar. Aku juga mulai banyak makan nih. Aku juga mulai kayak kelinci, karena aku makan wortel.
Makanan yang dibutuhkan:
  • Kalori
- Penting di masa ini, untuk pertumbuhan, perkembangan janin, plasenta, jaringan payudara, cadangan lemak.
  • Protein
Untuk membentuk jaringan baru
  • Karbohidrat
Sumber utama untuk tambahan kalori, untuk ibu dan janin. Bisa dari roti, serealia, nasi dan pasta. Saat-saat inilah aku ngerasa laper hebat. Untuk jaga-jaga aku nyimpen roti tawar di kamar. Tapi sayangnya aku ga ngontrol berat badanku, alhasil, melar abis. Jadi sebaiknya BB dikontrol juga.
  • Vitamin dan mineral
- Makanan makanan tersbut bisa berupa: ikan asin, ikan teri, ayam tanpa kulit, ati ayam, telur, kol, buncis, kangkung, wortel, kacang panjang, labu siam, sawi, terong, dsb, jangan lupa buah-buahannya: pisang (lagi2 pisang), papaya, jeruk, semangka, melon,dsb.

DokterP mengatakan...

pengalaman yang sangat menarik juga tipsnya trims ya ,salam kenal

bayi-anak mengatakan...

ya, thanx for coming

 
© free template by Blogspot tutorial