links


10.24.2008

Info Alfa Protein Untuk kenyamanan tidur bayi dan perkembangan otaknya

Semua ortu tentu pengen bayi yang sehat, pintar, dan perkembangannya optimal. Tahukah Anda, periode emas perkembangan otak pada bayi-anak, berlangsung mulai usia bayi 2 bulan hingga 4 tahun. Kalo gitu, apa aja yang mendukung perkembangan otaknya agar optimal?...Untuk tumbuh kembang yang optimal, bayi memerlukan istirahat/tidur yang cukup.


Di tahun pertamanya, otak bayi tumbuh 3x lipat dari keadaan saat lahir. atau 80% dari otak dewasa (sumber wyeth). hey, masa ini hanya terjadi 1x dalam seumur hidup loh. kita orang dewasa udah ga bisa lagi kayak gitu. untuk membantu pertumbuhan otak pada anak-anak kita merupakan investasi loh. jadi jangan disia-siakan masa2 keemasan ini.

nah salah satu faktor penting untuk memaksimalkan periode emas ini kebutuhan nutrisi dan tidur bayi harus dicukupi. Selain AA-DHA (pernah dibahas kan tentang sumberAA-DHA di tulisan sebelumnya) yang penting untuk pertumbuhan sel otak, protein menjadi dasar untuk "building block" termasuk pembuatan sel otak. Protein dalam bentuk alfa protein merupakan fraksi protein yang kaya akan asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh bayi sendiri (asam amino esensial), diantaranya tryptophan.

Manfaat alfa protein lainnya:
  1. Mengurangi beban kerja ginjal
  2. mengurangi resiko terjadinya diare
  3. Membantu pola tidur bayi menjadi lebih teratur

Nah udah dapet kuncinya, maksudnya jika dengan tidur teratur, maka pertumbuhan otak bayi akan optimal. kata seorang pakar yang pernah aku ajak ngobrol, saat bayi tidur itulah otaknya berkembang lebih cepat daripada dia lagi bangun. katanya sih. jadi ya tidur siang bagus untuk bayi-anak. nah selain tidur siang, tidur malamnya juga harus nyenyak, biar ibunya nyenyak hehehehehehehehehehehehe (aku mengerti gimana begadangnya ibu yg punya bayi hihi)

ok, untuk lebih lanjutnya, kita bahas alfa protein di postingan lainnya.
semoga bermanfaat

 
© free template by Blogspot tutorial