links


10.26.2008

Kenali Mengapa Bayi Menangis

hanya ingin berbagi tips, bukannya aku mahir atau ahlinya, tapi ini manjur juga. Sebagai orang tua baru semenjak hamil aku mengumpulkan berbagai macam buku, majalah sampai browsing di internet seputar kehamilan dan bayi. Nah jika diambil sarinya tentang bayi yang menangis, kira2 begini : Kadang tangisan bayi membuat Anda menjadi stress karena Anda tidak mengerti apa yang diinginkan sang bayi. Hal ini sangat lumrah, tentu saja karena sang bayi meminta perhatian dari Anda, dan ia belum bisa bicara. Hanya saja apa yang diinginkan sangbayi?


Apa yang harus kita lakukan?

  • Buatlah bayi Anda merasa nyaman

Hampiri bayi Anda, ia membutuhkan Anda. Jangan biarkan Anda memarahi anak Anda karena Anda kesal ia tidak berhenti menangis. Pada awal kehidupannya di dunia ia perlu memastikan bahwa dunia sangat peduli padanya dan membuatnya merasa nyaman. Hal ini mempengaruhi kualitas si anak, jika kita membuatnya merasa nyaman, ia akan berfikir dunia menerimanya, hal ini akan membuatnya menjadi individu yang tangguh. Ia akan sedikit menangis ketika sudah bertambah besar.

  • Cari tahu mengapa ia menangis
Apakah bayi Anda lapar? Bayi membutuhkan asupan lebih sering, apalagi jika ia meminum asi. Jika bayi baru saja disusui, coba periksa dengan menempelkan jari anda pada mulutnya, jika ia terlihat lapar segera berikan asi kepadanya Apakah bayi Anda pup? Bayi yang berusia baru beberapa minggu seringkali pup. Apakah ia merasa tidak nyaman? Periksa apakah ia kepanasan atau kedinginan. Jangan berikan bayi baju yang terlalu ketat atau sempit. Usahakan baju yang diberikan menutupi perutnya. Apakah bayi Anda merasa nyaman dengan tempatnya?

Kadangkala bayi akan tertidur lebih nyenyak saat suasana hening dan tidak terlalu terang Apakah ada udara dalam perutnya atau kembung? Buatlah ia bersendawa agar ia lebih nyaman. Gendong bayi di pelukan Anda dengan posisi berdiri, tepuk-tepuk sedikit punggungnya meskipun ia tidak bersendawa. Atau simpan bayi dalam posisi tengkurap di pangkuan Anda, tepuk dengan pelan punggungnya. Apakah bayi Anda sakit? Kenali tanda-tandanya jika bayi Anda sakit. Selalu sedia obat pertolongan pertama, kalau Saya, saya selalu menyimpan obat panas merk X.

Setiap saya ke dokter, Saya selalu membuat catatan medis anak saya. InsyaAllah sangat membantu. Dengan adanya catatan medis, kita tahu obat apa yang cocok dan ia alegri terhadap apa. Jika Anda risau, segera cari pertolongan, hubungi orang tua Anda atau orang terdekat yang bisa dipercaya. Apakah bayi Anda terlalu capai? Bayi masih suka terbangun di malam hari, mungkin ia kurang tidur Atau mungkin ia hanya ingin Anda peluk? Bayi membutuhkan kasih sayan orang tuanya. Peran ayah juga sangat dibutuhkan. Dekatlah dengan bayi Anda, ia membutuhkan sosialisasi. Jangan dikira kaum Ayah bisa enak-enakan Cuma bekerja di kantor tanpa mau tahu repotnya mengurus bayi, dengan adanya ayah, perasaan ibu akan lebih nyaman, untuk peran ayah, nanti juga akan kita bahas di bagian pentingnya asi. (ingat dulu sophie navita sempat mengisi acara tentang asi di back to beck) Atau mungkin bayi Anda Kolik? Bagaimana mengatasinya? Topic ini akan kita bahas terpisah

  • Pola normal tangisan bayi
Kadang kita sebagai orangtua merasa bayi kita sangat cengeng daripada bayi lainnya. Terdapat rentang yang lebar gimana “nangis yang normal”. Ada bayi yang menangis lebih sering daripada bayi lainnya. Bayi kecil (masih muda) memiliki waktu menangis 2 kali/hari, dengan disela-selanya tidak terprediksi. 2 kali itu yaitu menjelang sore dan malam. Semakin malam semakin “parah”. Saya ingat dulu setiap malam tiba, seolah saya bersiap-siap mau perang. Studi mengatakan, bayi menangis atau merengek 2 jam sekali, beberapa lebih sering atau malah jarang. Jumlah menangis bayi meningkat ketika ia berusia 6minggu. Tidak sama untuk semua bayi

  • Apa yang bisa kita lakukan?
Jika bayi Anda menangis sanga sering, maka periksalah ke dokter, sehingga Anda lebih merasa yakinapa penyebabnya. Cari tahu apa yang terbaik yang bisa kita lakukan kepadanya, jika Anda mengetahui kebutuhannya, maka akan lebih mudah. Kalo dulu, saat putra saya belum berusia 40 hari, ia menangis dan kalo bahasa sundanya “ngadat”, sampai ibu saya meminta kyai mendoakan anak saya. Saya rasa tidak ada salahnya, bukannya kita berfikir yang tidak-tidak, tapi doa juga bagus untuknya, sehingga setiap malam saya bacakan ayat kursi dan doa-doa lainnya. Sekarang pun hal itu terulang, anak saya sangat rewel, namun saya gunakan jurus itu, setiap mau tidur saya gendong anak saya sambil membaca quran, dan ia terlelap mendengar suara saya. Kebahagian yang sangat besar bagi saya.

  • Selalu ingatkan diri Anda, bahwa bayi tidak dapat mengatur tangisan. Ia hanya bayi yang membutuhkan Anda

Nika mengatakan...

saya juga seorang ibu kali pertama. Bayi saya baru 5 bulan. Terima kasih diatas info yg baik ini

Caroline Sutrisno mengatakan...

saya juga suka doain anak2 saya ato nyanyiin lagu2 buat mereka kalo mereka lagi rewel and it works! :P
thanks for sharing yah, posting ini banyak manfaatnya!

achiles mengatakan...

yang pernh saya baca juga menangis bagi bayi tu pentingkarena membantu pertumbuhan organ2 dalam tubuhnya dan mampu memberi stimulasi otomatis ke otaknya..

- s L i K e R s - mengatakan...

Rasanya artikel ini pernah saya baca, dimana ya...

Rezkizuka mengatakan...

wah sayang sekali mas - slikers - artikel ini saya tulis sendiri (dengan bahasa yang kadang ga sesuai eyd) namun tentunya dengan ilmu saya yang masih sangat dangkal ini saya ga berani dong kalo saya ga melihat referensi dari mana-mana. mungkin mas pernah membaca referensi yang sama dengan saya.
saat ini kalau ada waktu luang saya lagi nyobain baca baby sign for dummies hehe3. semoga bermanfaat makasih dah comment

anita mui mengatakan...

Thanks udh mau berbagi pengalaman juga sharing ttg merawat bayi...ini bermanfaat bgt bagi kaum wanita...

teruslah ngasih masukan klo ada waktu..

anita mui mengatakan...

mbk linkmu udh kupasang juga bannernya udh ..cek aja di hal.paling bawah..makasih ya

aku suka baca yg gini..tapi klo dirumah jrg ada waktu...

mita mengatakan...

ayu... duh bagus deh blog-nya ^_^ dah jadi mommy banget deh...

moratmarit mengatakan...

Artikel yg bagus, makasih infonya.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang moratmarit

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Mohon maaf lahir dan batiin.
Met idul fitri yach...?!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

 
© free template by Blogspot tutorial